TIPS : Lele Goreng Renyah dan Tidak Berbau Amis

Lele Goreng Renyah dan Tidak Berbau Amis
Lele Goreng Renyah dan Tidak Berbau Amis

Resep mami – Adakah bu ibu yang berencana menggoreng lele, tapi mengurungkan niatnya karena tidak bisa menghilangkan bau amisnya dan saat digoreng akan meledak-ledak sampai membutuhkan tameng saat menggoreng? hihihihi.. tenang bu… diepisode resep mami yang ke 30 ini, mami bakalan membongkar rahasia agar lele tidak berbau amis dan renyah serta sedap. Tapi sebelumnya mami akan beri informasi, bahwa beruntungnya kita yang suka dengan ikan yang satu ini karena banyak manfaatnya lho.

Ini dia beberapa manfaatnya bunda: 

Sumber protein yang lengkap

Ikan lele mengandung protein berkualitas tinggi sebanyak 15,6 gram dalam setiap ekornya, jadi mampu memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh. Protein yang berkualitas tinggi ini akan membantu tubuh membangun massa otot tanpa lemak. Tidak cuma itu, kandungan protein dalam ikan lele juga membantu meningkatkan efektivitas fungsi kekebalan tubuh lho.

Sumber vitamin B-12

Ikan lele mengandung vitamin B-12 yang sangat tinggi. Satu ekor ikan lele diketahui mengandung 40 persen asupan vitamin B-12 yang direkomendasikan setiap hari. Vitamin B-12 pada ikan lele sangat penting untuk membantu memecah makanan yang kita konsumsi sebagai energi. Tidak cuma itu, vitamin yang larut dalam air juga berperan penting untuk fungsi otak, sistem saraf, serta pembentukan darah.

Rendah merkuri

Ternyata hampir semua ikan mengandung merkuri lho (Oh, No!) jadi tidak hanya cream pemutih wajah aja yang mengandung merkuri ya bu ibu.. hihihihi. Merkuri adalah sejenis logam berat hasil buangan dari limbah pabrik dan rumah tangga. Di dalam air, merkuri berubah menjadi zat yang disebut dengan metilmerkuri yang berikatan dengan protein dalam otot ikan (mengerikan sekali merkuri ini ya)

Jika kita mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang mengandung merkuri, maka kandungan merkuri dalam daging ikan akan masuk ke dalam tubuh kita. Penumpukan merkuri dalam tubuh dalam waktu jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti keracunan merkuri hingga bahkan kerusakan saraf, terutama pada bayi dan anak-anak. Jadi, bu ibu berhati-hatilah memilih ikan ya.. terutama ikan laut.

Tapi ada kabar baiknya, Environmental Protection Agency mencatat ikan lele sebagai salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi dan rendah merkuri.

Meskipun begitu, membatasi konsumsi ikan lele dianjurkan untuk mengurangi risiko kita terkena paparan merkuri. Terutama apabila bu ibu ada yang sedang hamil, karena kadar merkuri yang tinggi dapat membahayakan janin. Pada umumnya, ikan lele aman untuk dikonsumsi sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Mengandung asam lemak sehat

Tapi kalau kita rutin makan ikan lele , akan mudah untuk meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam tubuh. Hal ini karena satu ekor ikan lele menyediakan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg asam lemak omega-6. Kedua nutrisi ini berperan penting dalam kesehatan jantung dan fungsi kognitif.

Meski begitu, penelitian mengatakan, bahwa asam omega 6 bisa mepengaruhi proses pembekuan darah dan rentan terhadap proses oksidasi. Karena itu, asam omega 6 meningkatkan risiko penggumpalan darah.

Jadi untuk mengambil manfaat ikan lele sekaligus menekan risikonya, lebih baik batasi konsumsi ikan lele dengan sewajarnya aja.

Baca Juga : Bumbu Olesan Untuk Resep Ikan Bakar yang Bikin Nagih

Nah, sekarang masuk ke TIPS:

Membersihkan Lele

Setelah membeli lele, segera bersihkan lele sampai bersih hingga bagian dalamnya ya. Termasuk lendir-lendir minimal berkurang deh, lalu darahnya bersihkan juga. Lebih baik sih membersihkannya menggunakan air yang mengalir ya bu ibu.

Rendam lele ke dalam bumbu

Merendam lele ke dalam bumbu selain membuat rasanya lebih lezat juga bisa membuat bau amis pada lele itu hilang lho. Nah, bumbunya adalah ketumbar, kunyit, bawang putih, jahe dan garam yang dihaluskan serta diberi air sedikit.

Sayat daging lele

Ini juga penting lho bu ibu, soalnya kalau kita sayat-sayat bagian kedua sisi lelenya ini bisa mempercepat bumbunya meresap, proses menggorengnya juga tidak meletup-letup dengan heboh serta matangnya juga lebih sempurna sampai ke dalam tubuh ikan.

Tanpa lengket

Ini juga pasti yang banyak ditanyakan bu ibu kan?

Nah, tipsnya adalah panaskan wajannya terlebih dahulu lalu masukan minyak goreng yang banyak kira-kira bisa menutupi seluruh bagian ikannya ya. Tunggu sampai minyak panas tapi jangan terlalu panas.

Nilai Kualitas Konten