Tumis Brokoli Saus Tiram, Resep Super Cepat

Resep mami – Kemarin waktu jalan-jalan ke pasar mata tertuju kepenjual brokoli, masih segar-segar banget. Terus rencana mau dimasak tumis brokoli bawang putih. Tapi entah kenapa hari ini menunya beda dari yang dibayangkan.. hihihi, hari ini dia saya masak tumis brokoli saus tiram. Super cepat, simple dan yang pastinya enak banget. Kuncinya biar bisa mendapatkan rasa brokoli yang enak adalah tekstur brokoli masih renyah, nah gimana caranya biar brokoli masih bertekstur renyah? ada beberapa tips:

  1. Kukus boroli sebelum dimasak selama 1 menit, setelah itu masukan ke dalam air dingin.
  2. Blanching brokoli kira-kira sampai 20 detik, setelah itu masukan ke dalam air dingin. Saya biasa melakukan dengan cara yang ini, lebih simple dan ga ribet.

Jangan sekali-kali merebus brokoli ya bu-ibu karena nutrisinya bakalan cepet hilang. Karena brokoli memang dimasaknya harus cepat, jadi ya pakai cara yang sudah saya sebutkan di atas tadi ya. Selanjutnya akan dibuat salad, tumisan, masukan ke dalam sup dan lain-lain, bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Untuk tumis brokoli saus tiram ini, bisa ditambahkan daging ayam, daging sapi ataupun udang juga bisa, untuk menambah rasa.

Baca Juga : Tumis Kembang Kol Asam Manis Pedas

Tumis Brokoli Saus Tiram

Tumis Brokoli Saus Tiram
Tumis Brokoli Saus Tiram

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg brokoli, potong-potong lalu cuci bersih atau bisa juga direndam dengan air garam sebentar dan cuci lagi. Setelah itu bisa menggunakan tips yang sudah saya sebutkan di atas tadi ya, sebelum ditumis.
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • 3 siung bawang putih dicincang
  • 1/2 buah paprika (untuk warna, sesuai selera) potong-potong sesuai selera
  • Lada halus secukupnya
  • 1/2 cangkir teh, air bersih
  • 1 sdm margarin atau bisa juga menggunakan minyak goreng untuk menumis

Cara membuatnya:

  1. Tumis bawang putih sampai harum dan agak kering, lalu masukan paprika dan brokoli aduk-aduk cepat.
  2. Lalu masukan saus tiram dan lada, aduk-aduk lagi dengan cepat sambil dituang air sedikit demi sedikit.
  3. Setelah itu masukan minyak wijen dan aduk dengan cepat lalu matikan apinya.
  4. Segera pindah ke piring saji.
  5. Kalau menggunakan daging tumis daging dahulu setelah itu masukan bawang putihnya dan langkah selanjutnya masih sama dengan yang di atas.

Nilai Kualitas Konten