Gratin Kentang Dengan Ham, Telur dan Bawang

Gratin Kentang
Gratin Kentang

Resepmami.info– Hai buntik, buntik kali ini membahas tentang masakan yang bernama Gratin, jadi metode memasak ini biasanya dipakai untuk bisa mendapatkan efek kecoklatan (burn). Pada permukaan hidangan ini, dan metode ini menggunakan oven yang mempunyai api atas atau salamander. Contoh makanan yang terkenal adalah Potato Au gratin, cauliflower au gratin,au gratin casserole dan thermidor.

Nah bisa juga ditaburi bermacam-macam potongan atau remahan roti ataupun keju dengan bahan-bahan lainnya yang diparut (grate: Inggris) ataupun dipotong-potong. Teknik ini pertama kali dikenal ada di Perancis. Nah yang pertama kali membuat juga koki yang berasal dari Perancis buntik, dulu itu bahannya anya kentang yang dipotong tipis,krim, telur dan keju gruyere.

Tapi ya namanya juga mengikuti perkembangan zaman ya buntik. Jadi potato gratin ini sekarang sudah bisa ditambah macam-macam, seperti ham ada juga yang menggunakan kembang kol. Itu semua ya karena agar menambah cita rasa masakan tersebut.

Nah, teknik gratin ini sebenernya juga sudah sering kita jumpai ya buntik, seperti kalau kita membuat lasagna, makaroni panggang, dan lain sebagainya yang menggunakan pemanggang dan menghasilkan warna kecoklatan atau efek burn pada bagian atas hidangan.

Untuk resep yang akan dibagikan kali adalah potato gratin yang dimix dengan ham, telur dan bawang bombai. Sudah ga sabar untuk praktek kan?

Sebelum buntik memulai memasak, panaskan dulu ya oven nya sampi 375 derajat.

Baca Juga : Resep Cake Keju Bertekstur Lembut Tanpa Tepung

Gratin Kentang Dengan Ham, Telur dan Bawang

Bahan-bahan:

  • 1/2 cup bawang bombai cincang
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 2 sdm butter
  • 1/2 cup ham/daging asap diiris kotak-kotak
  • 4 butir telur
  • 1/2 siung bawang putih digeprek
  • 2 sdm parsley cincang/ daun bawang cincang
  • ounces keju parut (bisa menggunakan keju swiss, cheddar,mozarella, parmesan)
  • 4 sdm susu cair/whipped cream cair
  • Sejumput lada bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 3 buah kentang ukuran sedang

Cara membuatnya:

  1. Masak bawang bombai (slow cooking) dengan minyak zaitun dan butter selama 5 menit sampai lunak tapi jangan sampai berubah warna jadi coklat ya buntik.
  2. Naikan suhu kompor sedikit aja, masukan potongan ham, aduk sampai rata dan dimasak sampai ham matang atau berubah warna
  3. Kocok telur bersama bawang putih, parsley, keju, susu atau cream dan bumbu lainnya. Campurkan dan aduk rata pada tumisan ham tadi. sisihkan dahulu ya buntik.
  4. Kupas kentang,cuci bersih dan parut dengan menggunakan parutan yang ukurannya sedang. Lalu peras sampai airnya kentang tersebut keluar karena tidak akan digunakan.
  5. Setelah itu masukan parutan kentang ini ke dalam mangkuk berisi campuran kocokan telur. Cek rasanya ya bun.
  6. Setelah itu siapkan tempat (loyang/pirex anti panas) olesi dengan butter, masukan campuran kentang dan ham tadi ke dalam pirex lalu diatasnya diberi potongan butter sedikit saja.
  7. Setelah itu panggang sampai 30-40 menit atau sampai atasnya kecoklatan, siap dihidangkan.

Baca Juga: Lumpia Khas Semarang Enak dan Lezat

Nilai Kualitas Konten

Leave a Comment