noscript-img Cara Membuat Jamu Temulawak Kunyit yang Mudah dan Praktis – Resep Mami

Cara Membuat Jamu Temulawak Kunyit yang Mudah dan Praktis

Indonesia sangat kaya akan berbagai budaya dan produk lokal yang mendunia. Salah satu produk dan budaya lokal dibidang kesehatan adalah jamu temulawak. Jamu yang terkenal dengan berbagai khasiatnya ini banyak dicari oleh orang. Jamu ini sangat mudah ditemukan bahannya dan tentunya dalam pembuatannya pun sangat mudah.

Daripada membeli jamu sachet atau jamu di toko jamu, bagaimana jika membuatnya sendiri? Anda tidak perlu khawatir karena pada artikel ini Anda akan menemukan dari mulai bahan serta langkah-langkahnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu kebingungan lagi ketika sakit menghadang.

Jamu Temulawak
Jamu Temulawak

Bahan-bahan yang Diperlukan dalam Membuat Jamu Temulawak Kunyit

Sebelum melangkah kepada proses pembuatan, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan berbagai bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan untuk membuat jamu ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • 50 gram temulawak
  • 25 gram kunyit
  • 25 gram jahe
  • 2 buah serai
  • kurang lebih 5 cm kayu manis
  • 500ml air
  • 4 daun mint
  • secukupnya madu

Anda bisa membeli bahan-bahan tersebut baik di pasar tradisional maupun modern. Hal ini dikarenakan memang bahan ini sangat mudah ditemukan dan harganya pun tidak mahal. Anda bisa membeli sedikit lebih banyak bahan tersebut untuk stock dirumah untuk membuat jamu selanjutnya.

Langkah dalam Membuat Jamu Temulawak Kunyit yang Harus Anda Ikuti

Setelah Anda mempersiapkan berbagai bahan diatas, langkah selanjutnya adalah melakukan pembuatan jamu ini. Langkah-langkahnya antara lain adalah:

  • Siapkan panci bersih untuk membuat jamu
  • Masukan temulawak, kunyit, jahe, serai yang telah digeprek sebelumnya, dan juga kayu manis kedalam panci yang telah Anda siapkan
  • Tambahkan air kedalam panci tersebut sebanyak 500ml
  • Letakkan diatas kompor dengan api kecil dan tunggu hingga mendidih, lihat hingga sari-sari dari bahan tersebut semuanya keluar
  • Masukkan yang telah Anda rebus tadi pada gelas berukuran besar atau secukupnya
  • Tambahkan madu atau gula batu agar rasanya lebih nikmat
  • Hias dengan daun mint
  • Jamu kini siap dihidangkan

Bagaimana? Caranya sangat mudah bukan? Dengan bermodalkan uang sedikit saja dan juga usaha yang minimal, Anda akan mendapatkan jamu yang dapat menyehatkan Anda dan menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit.

Manfaat Jamu Temulawak Kunyit yang Harus Anda Ketahui

Tahukah Anda manfaat yang akan Anda dapatkan ketika mengkonsumsi jamu yang satu ini? Ada banyak sekali manfaat yang akan Anda rasakan. Manfaat dari jamu herbal yang bisa Anda buat sendiri dirumah Antara lain:

  1. Mengobati permasalahan pencernaan seperti susah buang air besar

Masalah pencernaan yang satu ini sebaiknya tidak dianggap remeh. Ketika Anda susah buang air besar, maka artinya kotoran Anda juga menumpuk diperut Anda. Selain akan membuat penampilan Anda buruk, hal ini juga akan mempengaruhi kesehatan Anda. Untungnya, dengan adanya jamu ini maka masalah ini akan terselesaikan.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Biasanya para orang tua akan memberikan anaknya jamu temulawak agar nafsu makan yang dimilikinya dapat meningkat. Hal ini sudah teruji dan sudah dibuktikan banyak berbagai produk yang dijual dipasaran mengandung bahan temulawak untuk meningkatkan nafsu makan. Jadi Anda jika sedang tidak nafsu makan, Anda bisa merutinkan mengkonsumsi jamu yang satu ini saja, ya!

  1. Mengobati osteoarthritis atau penyakit sendi degeneratif

Ini adalah penyakit dimana sendi-sendi yang ada pada tubuh Anda menjadi kaku dan sakit. Untungnya, Anda bisa menyembuhkannya dengan rutin mengkonsumsi jamu yang satu ini. Hal ini telah teruji secara klinis pada Journal of Alternative and Complementery Medicine bahwa kandungan temulawak memiliki kandungan yang sama oleh obat yang diberikan kepada penderita osteoarthritis.

  1. Mencegah Anda mengidap kanker

Kanker adalah penyakit yang berbahaya. Anda bisa mencegahnya dengan rutin mengkonsumsi jamu yang satu ini. Hal ini telah dibuktikan bahwa ia dapat mencegah pertumbuhan kanker prostat. Anda bisa mengkonsumsi ini untuk terhindar dari berbagai macam jenis kanker.

  1. Membantu pengobatan bagi penderita kanker

Bagaimana jika sudah mengidap penyakit yang satu ini? Ternyata, jamu ini juga mampu membantu proses penyembuhan dari penyakit kanker. Ia mampu menghentikan proses pertumbuhan sel kanker yang ada pada tubuh. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian dari University of Maryland Medical Center.

  1. Sebagai obat anti radang

Kandungan yang ada di temulawak juga bisa menjadi penyembuh atas peradangan dalam tubuh. Kandungan tersebut adalah kandungan antiradang yang menghambat produksi prostaglandid E2 yang menyebabkan radang terjadi.

  1. Mengatasi berbagai jamur atau antijamur

Seperti yang Kita ketahui bahwa jamur dapat berkembang biak dengan cepat. Maka dari itu harus segera Kita basmi. Anda bisa membasmi jamur jenis dermatofita. Kandungan pada temulawak dinilai cukup ampuh untuk mengatasi jenis jamur tersebut.

  1. Anti bakteri

Selain anti jamur, temulawak juga mengandung anti bakteri. Bakteri yang efektif dibasmi dengan tumbuhan herbal satu ini adalah Staphylococcus dan juga bakteri Salmonella. Dengan begitu, tubuh Anda akan terhindar dari berbagai bakteri berbahaya tersebut.

  1. Sebagai obat jerawat

Selain dunia kesehatan, ternyata temulawak juga berfungsi didalam dunia kecantikan. Fungsinya yang fenomenal tersebut adalah membasmi jerawat. Hal ini karena temulawak memiliki sifat astringent yang mana fungsinya adalah untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Minyak inilah yang nantinya memicu jerawat muncul pada muka Sahabat Tani.

  1. Membantu menjaga kesehatan liver

Penelitian dari Scientific Research Journal, bahwa temulawak mampu melindungi kesehatan liver dengan baik. Ia mampu melindungi hati Anda dari hepatotoksin seperti acetaminophen dan juga karbon tetraklorida yang sangat berbahaya bagi kesehatan liver Anda. Jika Anda rutin mengkonsumsi jamu ini, maka liver Anda akan menjadi sehat mengingat bahwa organ ini sangat penting.

  1. Sebagai obat deuretik alami

Temulawak juga bisa berfungsi sebagai obat diuretik alami yang mampu membersihkan tubuh dari garam dan air. Mengapa perlu dibersihkan? Karena penumpukannya akan menganggu kesehatan ginjal. Dengan mengkonsumsi ini, maka Anda akanĀ  terhindari muali dari gagal jantung, gagal hati, edema, dan berbagai masalah yang ada pada ginjal.

  1. Dan lain sebagainya

Selain sebelas manfaat diatas, masih banyak lainnya yang bisa Anda rasakan ketika mengkonsumi jamu ini. Salah satunya badan Anda akan terasa sehat dan bugar. Anda akan merasakan manfaatnya sendiri ketika mengkonsumsi jamu ini.

Banyak sekali bukan manfaatnya? Jika sudah begini, maka Anda tidak perlu lagi ragu untuk mengkonsumsinya secara periodik atau rutin untuk menjaga kesehatan Anda. Maka istilah jika sakit jangan keburu minum obat dan lebih baik mencegah daripada mengobati benar adanya.

Sahabat Tani, kini Anda telah mengetahui bagaimana cara pembuatan jamu temulawak jahe berserta manfaat manfaat yang akan Anda petik. Maka dari itu, tidak ada lagi kata ragu untuk mengkonsumsi jamu yang satu ini. Konsumsilah secara rutin maka Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang membahayakan kesehatan Anda.

Leave a Comment