Jenis Pasta Apa Sih, Spaghetti itu? Simak Ulasannya

Diposting pada

Resep Mami– Spaghetti (dalam pengucapan bahasa Italia: [spaˈɡetti]; sing. Spaghetto) adalah pasta panjang, tipis, padat dan berbentuk silinder. Spaghettoni adalah bentuk spaghetti yang lebih tebal, sedangkan capellini adalah spaghetti yang sangat tipis. Ini adalah makanan pokok masakan tradisional Negara Italia. Seperti pasta lainnya, spaghetti terbuat dari gandum dan air yang digiling dan mengandung vitamin dan mineral. Spaghetti asli Italia terbuat dari semolina gandum durum, tetapi di tempat lain dapat dibuat dengan tepung jenis lain. Biasanya pasta berwarna putih karena tepung olahan digunakan, tetapi tepung gandum utuh dapat ditambahkan ke dalamnya untuk membuat pasta.

Pada awalnya, spaghetti ini berukuran panjang, tapi sekarang lebih banyak yang membuat dan menjual dengan ukuran yang lebih pendek dan semakin lama semakin populer selama paruh kedua abad ke-20 dan sekarang ini paling umum yang beredar di pasaran dengan ukuran panjang 25-30 cm (10-12 in). Biasanya spaghetti ini disajikan dengan saus tomat, ragu, dicampur ke dalam sup dan dicampur dengan berbagai macam sayuran di dalamnya.

Sejarah mencatatkan pasta yang pertama berasal dari Talmud pada abad ke-5 M dan merujuk pada pasta kering yang bisa dimasak dengan cara direbus, tidak takut cepat basi dan mudah dibawa-bawa. Beberapa sejarawan berpendapat bahwa Berers memperkenalkan pasta ke Eropa selama penaklukan Sisilia. Di Barat, ini mungkin pertama kali dikerjakan dalam bentuk-bentuk panjang dan tipis di Sisilia sekitar abad ke-12, sebagaimana dibuktikan oleh Tabula Rogeriana dari Muhammad al-Idrisi, yang melaporkan beberapa tradisi tentang kerajaan Sisilia.

Baca Juga: Ini Dia Jenis-Jenis Pasta Yang Wajib Kamu Tahu

Popularitas spaghetti menyebar ke seluruh Italia setelah pendirian pabrik spageti pada abad ke-19 dan memproduksi spageti massal untuk pasar Italia.
Di Amerika Serikat sekitar akhir abad ke-19, spaghetti ditawarkan di restoran sebagai Spaghetti Italienne (yang kemungkinan terdiri dari mie yang dimasak al dente, dan saus tomat ringan yang dibumbui dengan bumbu dan sayuran yang mudah ditemukan seperti cengkeh, daun salam, dan bawang putih) dan tidak sampai beberapa dekade kemudian menjadi siap dengan oregano atau basil (kemangi Eropa).

Spaghetti segar (spaghetti basah)

Spaghetti segar disiapkan menggunakan mesin pasta, biasanya mesin manual.
Paling sederhana, spaghetti dapat dibentuk menggunakan rolling pin (gilingan manual) dan pisau. Mesin pasta rumahan dapat meringankan ketika proses penggulungan dan membuat ukuran potongan terlihat sama. Spaghetti segar biasanya akan dimasak beberapa jam setelah terbentuk.

Baca Juga: Spaghetti Bolognese Tidak Ada Di Italia? Simak Sejarahnya

Spaghetti kering

 

Sebagian besar spaghetti kering diproduksi di pabrik menggunakan auger extruders. Meskipun pada dasarnya sederhana, proses ini membutuhkan perhatian yang sangat detail untuk memastikan bahwa pencampuran dan pengadukan bahan menghasilkan campuran yang konsisten, tanpa gelembung udara. Spaghetti yang baru saja terbentuk harus didinginkan dengan air untuk mencegah pembusukan pasta dengan panas berlebih. Pengeringan spageti yang baru dibentuk harus dikontrol dengan hati-hati untuk mencegah helai saling menempel, dan meninggalkannya dengan kelembaban yang cukup sehingga tidak terlalu rapuh. Kemasan untuk perlindungan dan tampilan telah berkembang dari pembungkus kertas hingga kantong dan kotak plastik.

Cara Memasaknya


Spaghetti segar atau kering dimasak dalam panci besar berisi air mendidih yang diberi garam dan kemudian ditiriskan dalam saringan (bahasa Italia: scolapasta).Di Italia, spaghetti umumnya dimasak al dente yang berarti sepenuhnya matang tetapi masih kenyal saat digigit. Ini juga bisa dimasak dengan konsistensi yang lebih lembut.

Spaghettoni adalah spaghetti lebih tebal yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak. Spaghettini adalah bentuk yang lebih tipis yang membutuhkan waktu lebih sedikit untuk memasak. Capellini adalah bentuk spaghetti yang sangat tipis (juga disebut “angel hair pasta”) yang dimasak dengan sangat cepat.

Peralatan yang digunakan dalam persiapan spageti termasuk sendok spageti dan spageti tong. Spaghetti sering disajikan dengan saus tomat, yang mungkin mengandung berbagai bumbu (terutama oregano dan basil), minyak zaitun, daging, atau sayuran. Sajian saus spaghetti lainnya termasuk amatriciana atau carbonara. Keju keras parut, seperti Pecorino Romano, Parmesan dan Grana Padano, sering ditaburkan di atasnya.

Baca Juga: Pasta Conchiglie Itu Apa Sih? Beserta Resepnya

Nilai Kualitas Konten