4 Resep Kue Kering Lebaran Sayang Dilewatkan

Kue kering lebaran sudah menjadi hal wajib ketika hari raya tiba. Identik dengan rasa manis dan lezat, kue ini selalu punya tempat tersendiri dalam pemenuhan selera untuk sajian lebaran. Selain itu aneka warna kue yang semakin lama makin kian banyak sehingga banyaklah mata yang tertarik. Kue kering diminati segala usia, baik muda maupun tua suka dengan kue kering. Mulai dari kue nastar, kue salju, kue kacang, hingga kue coklat (kompeks) yang sangat diminati oleh anak-anak.

Meskipun kue-kue yang disebutkan sudah sangat mainstream, tetap saja jenis ini paling banyak dicari ketika lebaran tiba. Alhasil para penjual kue mencari cara untuk menghasilkan kue jenis serupa namun dengan rasa yang lebih lezat dan daya tarik lebih besar. Mulai dari penggunaan tips-tips tertentu saat memasaknya hingga cara pengemasan yang diusahakan semenarik mungkin. Itulah bagian penting dari pembuatan kue kering lebaran ini. Secara umum, ada tips-tips yang sangat mendasar dan sederhana tetapi akan sangat berpengaruh kepada hasil kue.

Tips Pembuatan Kue Lebaran

Berikut adalah beberapa tips dalam membuat kue lebaran yang wajib dipraktekkan apabila ingin hasil kue yang lebih bagus dan berkualitas.

Tips Pembuatan Kue Lebaran
Gambar : www.instagram.com

1. Perhatikan Proses Pengocokan Gula dan Mentega

Gula dan mentega memang sudah sangat umum digunakan dalam resep cara membuat kue kering. Agar bisa menghasilakan kue kering yang renyah tentu saja kedua bahan ini sangat dibutuhkan. Tipsnya adalah, silakan kocok gula dan mentega hingga warnanya menjadi putih. Banyak yang menyepelekan hal ini, dan akhirnya mempercepat pembuatan kue sebelum kedua bahan ini berubah warna menjadi putih. Alhasil, kue yang dihasilkan pun tidak serenyah yang direncanakan.

2. Gunakanlah Mentega Dingin

Cara ini tentu saja masih tergolong mudah dan praktis. Hanya saja masih banyak yang mengabaikannya. Jika ingin menghasilkan kue lebaran yang benar-benar lezat dan renyah, maka gunakanlah mentega dingin. Untuk itu, sebelum dikocok, tidak perlu melelehkan mentega terlebih dahulu. Jika anggapan selama ini mengatakan bahwa dengan melelehkan terlebih dahulu akan membuat adonan tercampur rata, maka itu mungkin benar, tetapi bisa mengurangi kerenyahan kue. Maka sebaiknya gunakanlah mentega dalam kondisi dingin atau belum cair.

3. Ayaklah Tepung

Berikutnya adalah jangan lupa untuk mengayak tepung terlebih dahulu sebelum mencampurkannya ke dalam adonan. Memang terkadang banyak ibu-ibu menganggap itu tidak telalu perlu, apalagi tepung yang dibelu sudah mempunyai kemasan dan pembungkus. Tetapi guna memastikan bahwa tepung benar-benar halus, maka sebaiknya ayaklah. Ini akan mempengaruhi hasil kue yang dimasak.

4. Gunakan Suhu Standar 150-170 Derajat Celcius

Ketika membuat kue lebaran menggunakan oven listrik, maka itu akan praktis. Adanya pengaturan suhu akan membuat si pemasak bisa menentukan suhu yang pas untuk menghasilkan panggangan kue yang renyag.adapun suhu yang tepat adalah pada rentang 150-170 derajat celcius. Risiko suhu yang terlalu panas adalah kue yang tidak matang secara merata. Biasanya bagian luar akan terlihat lebih dulu matang dibandingkan dengan bagian dalam. Alhasil ini akan membuat masakan kue menjadi gagal. Maka untuk memastikan matang secara menyeluruh, gunakanlah suhu 150-170 derajat celcius. Untuk ketebalan kukis 1 hingga 2 centimeter, suhu ini memang sudah cocok digunakan.

5. Jangan Simpan Kue Kering Lebaran di dalam Kulkas

Biasanya, dengan alasan agar kue tetap segar, tidak sedikit yang memilih untuk memasukkan kue kering ke dalam kulkas. Seharusnya, simpanlah kue kering di dalam toples yang tertutup rapat atau kedap udara. Penyimpanan yang benar dengan cara ini bahkan bisa membuat kue bertahan hingga satu tahun lamanya. Kue yang dimasukkan ke dalam kulkas dengan tujuan membuatnya tetap renyah adalah kesalahan paling mendasar. Faktanya, kue akan menyerap kelembapan dan membuatnya hilang kerenyahan.

6. Oleskan Kuning Telur Saat Kue Sudah Setengah Matang

Banyak yang tentunya salah kaprah dalam hal ini. Saat membuat kue kering lebaran, sering kali mereka menggunakan olesan kuning telur di bagian atas kue. Tetapi itu dilakukan saat kue belum dipanggang. Namun nayatanya, ini adalah hal yang keliru. Sebaiknya, kue diolesi kuning telur saat kondisinya sudah setenag matang. Biasanya kue yang perlu olesan ini adalah kastengel dan nastar. Jika menerapkan tips ini, maka warna kuning telur yang dihasilkan akan mengkilat dan cerah.

Baca Juga :Resep Kue Bolu Praktis dan Mudah

4 Resep Kue Kering Lebaran yang Bisa Dicoba

1. Resep Kue Lidah Kucing

Resep Kue kering lebaran Kue Lidah Kucing
Kue Lidah Kucing

Nama kue yang satu ini memang sudah sangat familiar. Resep kue lebaran lidah kucing memang identik dengan rasa manisnya. Banyak yang mengatakan bahwa proses pembuatannya lumayan rumit. Nyatanya kalau dipraktekkan dengan seksama dan memperhatikan tahapan demi tahapan secara runtut, maka itu bisa dilakukan dengan baik. Berikut adalah resep yang bisa dicoba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Margarin 250 gram
  • Gula halus 180 gram
  • Putih telur 6 butir
  • Vanili 2 bungkus
  • Tepung terig 300 gram
  • Maizena 2 dendok
  • Susu bubuk 4 sendok

Cara Membuatnya:

  1. Campurlah gula halus, margarin, dan vanili dengan Janan lupa atur kecepatan sedang selama 2 menit.
  2. Tambahkan maizena, tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya dan kemudian mixer hingga merata.
  3. Ambillah kurang lebih 8 sendeok ke wadah lain, kemudian campurkan dengan susu bubuk dan aduk hingga merata.
  4. Masukkalah campuran tadi ke dalam plastik berbentuk segitiga dan potong kecil pada bagian ujungnya.
  5. Persiapkan loyang dan lapisis dengan mentega terlebih dahulu. Jangan lupa taburkan sedikit tepung.
  6. Panaskan oven dan panggang sampai matang
  7. Dinginkanlah terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam toples.

Baca Juga : Kue Ulang Tahun Unik Dan Lucu Untuk Anak-Anak

2. Resep Kue Kering Kacang Tanah

Resep kue kering lebaran Kue Kering Kacang Tanah
Kue Kering Kacang Tanah

Kue kacang memang menjadi sajian yang kerap ada di dalam kue kering lebaran. Campuran kue menggunakan kacang memnag banyak digemari. Rasanya yang lemak membuat lidah siapapun terus ketagihan. Cara membuatnya pun tidaklah terlalu sulit. berikut adalah caranya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Tepung terigu 400 gram
  • Kacang tanah yang sudah disangrai dan dikupas bagain kulitnya 250 gram
  • Minyak goreng 200 gram
  • Gula halus 150 gram
  • Gara 1 sdt
  • Kuning telur 2 butir
  • Mentega 1 sendok makan.

Cara membuatnya:

  1. Pertama, haluskan kacang terlebih dahulu kacang tanah menggunakan blender ataupun dengan cara ditumbuk.
  2. Campurlah tepung terigu dan juga kacang tanag, lalu masukkan dalam wadah ag isinya gula halus, garam dan juga minyak goreng
  3. Berikutnya, simpan adonan yang sudah tercampur rata ke dalam kulkas dan itu dilakukan selama 1 jam. Jangan lupa untuk metutup wadah dengan plastik maupun kain.
  4. Keluarkanlah adonan dari dalam lemari es dan diamkan sebentar hingga suhunya asama dengan suhu ruangan.
  5. Oleskanlah mentega pada oven
  6. Tuangkanlah dan bentuk adonan kue di loyang
  7. Berikutnya, campurkan putih telur dengan mentega di dalam mangkuk
  8. Oleskan campuran yang dimaksud pada bagian atas adonan yang sudah dibentuk
  9. Terakhir, masukkan loyang ke dalam oven dan panggang dengan suhu 175 derajat celsius selama kurang lebih 25 menit atau sampai matang berubah warna coklat keemasan.
  10. Kue kacang kering siap disajikan.

Baca Juga : Resep Kue Lumpur Legitnya Bikin Nagih

3. Resep Kue Kastengel

Resep Kue kering lebaran Kue Kastengel
Kue Kastengel

Berikutnya, ada kue kering kastenge yang tidak kalah populer dengan kue-kue lainnya. Cara membutanya juga tidaklah rumit. Cukup lakukan dengan runtut dan seksama. Berikut adalah cara pembuatannya:

Bahan-bahan yang dipelukan:

  • Tepung terigu protein rendah 200 gram
  • Margarin leleh 150 gram
  • Keju parut 150 gram
  • Tepung maizena 50 gram
  • Kuning telur 2 butir
  • Teh emplex 1 sdt
  • Kuning telur dikocok lepas 1 butir
  • Air 1 sdm
  • Keju parut 30 gram

Cara Membuatnya:

  1. Pertama, kocoklah bagian kuning telur dan juga margarin leleh menggunakan mixer sampai terlihat mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, Emplex, dan keju parut. Jangan luap aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata.
  3. Apabila adonan sudah cukup kalis, giling dengan ketebalan sekitar 1 sentimeter, maka cetaklah dan buat bentuk menyerupai balok.
  4. Pangganglah kastengel yang sudah dicetak di oven sampai setengah matang, kurang lebih selama selama 20 menit.
  5. Selanjutnya, keluarkan kastengel yang sudah setengah matang dari oven, dan olesilah kuning telur serta taburi menggunakan keju parut.
  6. Pangganglah kembali kastengel selama kurang lebih 10 menit sampai matang.

Baca Juga : Resep Kue Sus Isi Krim Nutella, Enak Banget

4. Resep Kue Putri Salju Almond

Resep kue kering lebaran Kue Putri Salju Almond
Kue Putri Salju Almond

Jenis kue kering lebaran lainnya yang juga sangat familiar adalah kue putri salju. Untuk itulah banyak yang sedang mencari resepnya. Rasa manis memang masih mendominasi kue yang satu ini. Bentuknya pun sangat beragam. Pada umumnya memang akrab dengan bentuk bulan sabit. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan bentuk lain sesuai dengan selera dan kreasi masing-masing. Untuk mengetahui secara lebih jelas, berikut akan dijelaskan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Mentega 145 gram
  • Gula bubuk 80 gram
  • Garam ½ sdt
  • Tepung almond 80 gram
  • Tepung terigu 240 gram
  • Gula bubuk 200 gram

Cara Membuatnya:

  1. Pertama, panaskan oven sampai suhunya 175 derajat celcius.
  2. Campurkan gula bubuk, garam, mentega menggunakan mixer dengan kecepatan sedang sampai akhirnya adonan lembut
  3. Berikutnya, tambahkan almond dan kocok kembali hingga tercampur merata
  4. Masukkan tepung terigu, kemudian aduk hingga merata menggunakan mixer, atur kecepatan rendah atau spatula.
  5. Bentuklah adonan berdasarkan selera anda, kemudian panggang lah selama kurang lebih 15-20 menit. Bisa juga hingga permukaannya agak Pertahankan warnanya kuning keemasan.
  6. Masukkan kue tersebut ke mangkuk yang sudah ada gula bubuk dan selimutilah hingga gula menutup sempurna.
  7. Berikutnya, jangan lupa untuk mendinginkan kue terlebih dahulu, kemudian lumuri kue menggunakan gula kembali sampai tampak putih.
  8. Kue putri salju pun siap disajikan. Jika ingin menyimpannya ke dalam tiples, maka tunggulah hingga mendingin terlebih dahulu. Ini dilakuakan agar rasa dan kerenyahannya tetap terjaga dengan baik.

Nah, itu dia tips dan juga resep kue kering lebaran yang bisa diterapkan dan dicoba di rumah. Bebaslah dalam mengkreasikan dan jangan lupa menerapkan tips-tipsnya.

Baca Juga : Resep Kue Chiffon Pandan Lembut Dan Ringan

Nilai Kualitas Konten

2 thoughts on “4 Resep Kue Kering Lebaran Sayang Dilewatkan”

Leave a Comment