3 Macam Manfaat Bawang Putih

Manfaat bawang putih memang sangat beragam, selain sebagai bumbu wajib ketika memasak, bawang putih juga dapat dijadikan sebagai obat herbal berbagai penyakit. Bawang putih mengandung enzim allicin yang berguna mengatasi penyakit dan masalah kulit, serta baik untuk membentuk sistem kekebalan tubuh.

Manfaat umbi ini dapat dirasakan oleh anak-anak dan orang dewasa, laki-laki dan perempuan, hingga orang yang sudah berumur. Cara pengolahannya juga beragam, dalam keadaan mentah atau matang, dioles, hingga diambil sarinya dan dijadikan kapsul. Berikut ini manfaat bawang putih bagi kesehatan, obat penyakit dan kecantikan :

Manfaat bawang putih sebagai obat penyakit

Manfaat bawang putih
Gambar : www.instagram.com

Terdapat beberapa penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan bawang putih, meliputi penyakit ringan seperti flu hingga penyakit berat seperti kanker. Jika kamu tertarik, berikut ini kami jelaskan secara lengkap manfaat bawang putih untuk mengobati beberapa penyakit :

1. Mengobati flu

Sudah kita ketahui bahwa bawang putih mempunyai bau menyengat yang terkadang tidak disukai, namun bau menyengat itu ternyata dapat menjadi obat flu. Aroma menyengat dari bawang putih akan menstimulasi hidung mampet sebab flu menjadi terbuka, dan akhirnya pernapasan akan terasa lebih lega.

Cara mengobatinya dapat dengan merebus bawang putih segenggam kemudian ditambah dengan cuka dan gula, setelah itu dikonsumsi satu sendok di pagi hari.

2. Mengatasi diabetes

Kadar allicin dalam bawang putih baik untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh, melawan infeksi dan mengurangi resiko penyakit komplikasi akibat diabetes. Caranya dengan mengkonsumsi 1-2 siung bawang putih mentah secara teratur di setiap harinya. Selain bagus untuk mengatur kadar gula darah, bawang putih mentah juga baik mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Mengobati asma

Seperti manfaatnya dalam meredakan flu, bawang putih juga dapat menjadi obat alternatif untuk melegakan rasa sesak akibat penyakit asma. Walaupun bawang putih tidak dapat mengobati asma secara permanen, namun dapat mengontrol asma yang sering kambuh.

Obat ini dapat anda buat sendiri dirumah, caranya dengan merebus 10-15 siung bawang putih bersama dengan segelas air susu. Atau bisa juga dengan membuat teh menggunakan 3-4 siung bawang putih yang diseduh dengan air panas selama kira-kira 5 menit. Minuman ini dianjurkan untuk diminum secara rutin sehari sekali dan dipercaya dapat meredakan gejala – gejala asma.

4. Mengobati wasir atau ambeien

Untuk penyakit wasir, bawang putih memiliki fungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur yang dapat membunuh bakteri di sekitar anus. Selain itu, kandungan senyawa allicin juga dapat memperkuat pembuluh darah sekitar anus, dan mengurangi peradangan yang terjadi akibat wasir.

Caranya dapat dengan menjadikan bawang putih sebagai obat yang dimasukkan kedalam anus dan dibiarkan selama semalam. Atau dengan merebus 3-4 bawang putih yang dicincang dengan segelas air, setelah air dingin, celupkan kapas dan tempelkan pada bagian anus.

Manfaat bawang putih bagi perawatan kesehatan tubuh

Selain mempunyai fungsi sebagai obat, manfaat bawang putih lainya juga sebagai pencegah penyakit, sehingga disarankan dikonsumsi menjadi suplemen atau campuran dalam makanan. Beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan menggunakan bawang putih antara lain :

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika anda mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, sering masuk angin dan flu, atau gampang terserang penyakit yang disebabkan oleh virus. Anda dapat mengkonsumsi suplemen bawang putih secara rutin setiap hari, suplemen ini berfungsi memberikan antibodi dan antibiotik yang berguna untuk kekebalan tubuh.

Cara sederhana yang dapat anda lakukan sendiri di rumah, terutama jika sedang masuk angin, yaitu dengan menyeduh satu siung bawang putih yang sudah diseduh untuk diminum. Namun jika anda tidak tahan dengan baunya anda dapat mencari suplemen bawang putih yang berbentuk kapsul.

2. Mencegah kanker

Pada beberapa penelitian, bawang putih terbukti mengurangi resiko kanker paru-paru, kanker pankreas dan kanker usus besar. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur sebanyak dua kali dalam seminggu dapat mengurangi pembelahan sel kanker yang berlebihan. Namun untuk kanker, bawang putih hanya mengurangi resiko terjangkit bukan mengobati atau mengurangi dampak setelah terjangkit kanker.

3. Meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita

Manfaat bawang putih lainnya adalah baik untuk keadaan seks pria dan wanita, hal ini dikarenakan bawang putih dapat melancarkan aliran darah pada tubuh. Aliran darah yang lancar akan meningkatkan hasrat seks, mencegah gangguan ereksi pada pria dan meningkatkan hormon testosteron.

Caranya dengan menghaluskan lima siung bawang putih dan mencampurkannya dengan satu kuning telur ayam kampung dan madu. Minum ramuan tersebut sebelum anda melakukan hubungan seks bersama istri.

4. Mendetoks tubuh

Detoks tubuh akhir-akhir ini menjadi digemari banyak orang, karena bermanfaat untuk mengeluarkan kandungan-kandungan yang tidak semestinya ada pada tubuh kita. Salah satu cara detoks yang sederhana adalah dengan menggunakan bawang putih, detoks ini berguna untuk mengurangi kadar timbal dalam darah hingga 19 persen.

Caranya, dengan merebus beberapa siung potongan bawang putih dan bawang merah hingga mendidih. Setelah air dingin basahi kapas dengan air rebusan tersebut dan masukkan kedalam kaos kaki pada telapak kaki, pakai kaos kaki tersebut semalaman.

Manfaat bawang putih untuk kulit dan kecantikan

Selain untuk kesehatan, bawang putih juga mempunyai khasiat baik untuk kecantikan kulit anda, seperti uraian kami berikut ini :

1. Mengobati jerawat

Bawang putih dapat menghilangkan dan mencegah jerawat dengan kandungan antioksidan dan anti bakteri yang terdapat di dalamnya. Caranya dengan mengoleskan irisan bawang putih pada jerawat dan biarkan selama 10 menit. Atau untuk mencegah jerawat anda dapat membuat masker bawang putih dengan campuran minyak zaitun dan jeruk nipis.

Bakteri atau polusi udara penyebab jerawat akan dapat teratasi jika anda secara rutin menggunakan masker bawang putih tersebut. Namun, anda juga harus tahan dengan aroma menyengat bawang putih selama sekitar 10 sampai dengan 15 menit.

2. Mengobati kurap kaki

Kandungan antiseptik pada bawang putih sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab kurap pada kaki. Cara mengobatinya dengan menghancurkan 2-4 siung bawang putih dan memasukkan ke dalam baskom berisi air hangat, rendam kaki anda ke dalamnya selama kurang lebih 30 menit.

Cara lain yaitu dengan mencampurkan bawang putih cincang dengan minyak zaitun, diamkan kurang lebih selama tiga hari. Setelah itu oleskan minyak tersebut pada kurap kaki sampai kurap sembuh, lakukan setidaknya dua kali dalam sehari.

3. Mengobati sengatan lebah atau serangga

Dengan langsung mengoleskan irisan bawang putih mentah, anda dapat mengurangi bengkak akibat sengatan lebah. Hal tersebut juga biasa dipraktekkan oleh masyarakat zaman dulu sebagai obat tradisional penghilang rasa gatal sebab gigitan serangga.

Demikian banyak manfaat bawang putih yang berhasil kami rangkum untuk anda, semoga bermanfaat dan dapat membantu masalah kesehatan yang sedang anda alami. Namun jika anda belum berhasil, kami sarankan untuk langsung berkonsultasi kepada dokter spesialis, guna penanganan lanjut dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Nilai Kualitas Konten