16 Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh dan Rambut

Manfaat Kemiri – kemiri merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan di seluruh nusantara bahkan mancanegara. Kemiri ternyata tidak hanya lezat sebagai bumbu dapur saja, tetapi juga memiliki berbagai manfaat yang berguna untuk kesehatan dan perawatan.

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan
Gambar : www.instagram.com

1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Salah satu Manfaat Kemiri yaitu mampu meningkatkan sistem pencernaan. Sumber serat pada kemiri berguna bagi saluran pencernaan. Kemiri yang dikonsumsi secara teratur dapat membantu melancarkan proses pencernaan dengan proses buang air besar yang teratur.

Kandungan kemiri berfungsi sebagai pencahar ringan alami. Bagi Anda yang menderita diare, kemiri dapat menjadi salah satu obat herbalnya karena kandungannya mampu menghentikan diare.

2. Mengobati Disentri dan Diare

Manfaat kemiri yang selanjutnya yaitu mampu mengobati disentri dan diare. Kandungan vitamin dan asam folat dalam kemiri mampu mengobati gangguan pencernaan disentri dan diare.

3. Mengobati Sariawan

Kemiri tidak hanya berguna untuk mengatasi sakit gigi saja. Getah dan biji kemiri mampu mengobati sariawan di mulut. Caranya yaitu dengan menempelkan biji atau gerah kemiri ada bagian mulut yang sedang sariawan.

4. Mengatasi Insomnia

Bagi Anda yang menderita insomnia atau tidak dapat tidur secara nyenyak, kemiri dapat menjadi solusinya. Insomnia dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti banyak pilihan, depresi, ataupun ketakutan akan sesuatu. Melatonin dalam kemiri dapat membuat siapapun yang mengkonsumsinya menjadi rileks dan cepat tertidur.

5. Meringankan Infeksi Jamur

Kemiri juga berfungsi untuk meringankan beberapa gangguan kulit karena infeksi jamur. Misalnya panu atau kurap. Infeksi jamur memang tidak berbahaya, melainkan membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Cara menggunakannya yaitu mengoleskan minyak kemiri ke bagian tubuh yang terinfeksi jamur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mengoleskan secara teratur.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat selanjutnya yaitu kemiri mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Mengkonsumsi kemiri mampu membantu meningkatkan kadar kolesterol agar menjadi stabil atau normal. Selain itu kandungan kemiri juga mampu membantu proses menurunkan kadar kolesterol jahat.

Potasium yang merupakan salah satu kandungan dari kemiri ini berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Cara bekerjanya yaitu akan menimbulkan relaksasi dinding pembuluh darah. Hal tersebut memungkinkan darah mengalir lebih bebas ke seluruh tubuh. Nah, hal tersebut akan membantu menyelamatkan jantung dari banyaknya bekerja dan membengkak.

7. Menyehatkan Tulang dan Sendi

Kemiri mampu menyehatkan tulang dan sendi dengan cara mengkonsumsinya secara teratur. Kemiri dapat menghindarkan sakit dan bengkak pada persendian. Pembengkakan sendi sendiri disebabkan oleh keausan tulang. Selain itu, mengkonsumsi secara teratur juga akan membantu menjaga tulang tetap kuat.

Kemiri memiliki kandungan berupa nutrisi dan fosfor yang berguna untuk menyehatkan tulang dan persendian. Jika kemiri dipanggang, bumbu dapur ini kaya akan kalium, tembaga dan selenium.

8. Menurunkan Berat Badan

Kemiri dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang mengandung banyak protein. Hal tersebut yang menjadikan kemiri dapat membantu membangun otot. Kemiri digunakan sebagai salah satu solusi untuk membantu menurunkan berat badan,

Semakin besar otot pada tubuh, maka metabolisme akan berlangsung lebih cepat. Protein juga merupakan nutrisi yang dapat membantu tubuh dalam membakar banyak kalori. Karena hal tersebut dapat menjadi tantangan ekstra bagi saluran pencernaan dalam mencernanya.

9. Membebaskan Konstipasi

Konstipasi bisa menyerang kapan saja dan siapa saja. Penyakit ini biasanya bisa terjadi ketika seseorang kurang makan makanan berserat. Mengkonsumsi kemiri dapat membantu membebaskan diri dari konstipasi karena kandungannya yang kaya akan serat.

Caranya yaitu ambil sepotong kemiri, 2 bawang, 10 gr kayu manis, 5 gr pulasari, 30 gr gaun urang-aring, setengah sendok teh adas, setengah sendok teh garam dan 800 cc air. Haluskan seluruh bahan tersebut dengan cara memblendernya kecuali 800 cc air.

Kemudian rebus bahan yang telah dihaluskan dengan 800 cc air tersebut. rebus hingga volumenya mencapai 800 cc. Setelah itu, dinginkan air rebusan dan saring. Anda dapat minum 2 kali sehari sebanyak 200 cc setiap minumnya.

Manfaat Kemiri Bagi Rambut

Manfaat Kemiri Bagi Rambut

1. Menumbuhkan Rambut

Manfaat kemiri bagi rambut yaitu dapat menumbuhkannya. Bagi Anda yang memiliki masalah kebotakan maupun sulitnya menumbuhkan rambut, minyak kemiri menjadi solusinya. Minyak kemiri mampu merangsang pertumbuhan rambut yang telah mengalami kerontokan. Sehingga rambut yang telah rontok akan perlahan tumbuh kembali.

2. Merangsang Pertumbuhan Rambut di Area Lain

Kemiri juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut tidak hanya di kepala saja, melainkan di area lain. Kemiri dapat membantu menumbuhkan jenggot dan jambang. Bagi pria, adanya jenggot dan jambang membuat pria akan lebih terlihat maskulin dan gagah. Cara menggunakannya yaitu cukup mengoles minyak kemiri di area tumbuhnya jambang dan jenggot selama beberapa menit.

3. Mengatasi Kerontokan

Selain menumbuhkan rambut, minyak kemiri juga mampu mengatasi masalah kerontokan. Kerontokan rambut terjadi karena folikel yang lemah. Nah, minyak kemiri inilah yang akan membantu mengatasinya.

Kemiri memiliki kandungan berupa protein dan mineral yang mampu membuat folikel rambut kuat kembali. Penggunaan minyak kemiri di atas kulit kepala dapat menguatkan rambut mulai dari akar hingga ujungnya.

4. Menebalkan dan Menyuburkan Rambut

Kemiri juga berguna untuk membuat rambut menjadi lebih tebal dan subur. Cara menggunakannya yaitu mengoleskan minyak kemiri ke seluruh rambut kemudian tidur dimalam hari. Ketika pagi hari, Anda dapat membilasnya dengan menggunakan shampoo dan kondisioner. Lakukan secara rutin dan teratur sehingga rambut akan tebal dan subur.

5. Meluruskan Rambut

Kandungan yang ada dalam minyak kemiri mampu membantu dalam meluruskan rambut. Menggunakan kemiri secara rutin akan membantu meluruskan rambut meskipun hasilnya tidak seperti hal catok atau rebonding. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak kemiri setelah keramas keseluruh area rambut dari akar hingga ujung rambut.

6. Menghilangkan Ketombe

Ketombe menjadi salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu. Adanya ketombe dapat membuat orang tidak percaya diri, menimbulkan rasa malu, bahkan ada yang sampai menjauhi.

Menggunakan minyak kemiri dapat membantu mengatasi ketombe yang ada di kulit kepala. Cara menggunakannya yaitu mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala, kemudian memijatnya perlahan. Setelah beberapa menit, bilas menggunakan air hingga bersih.

7. Merawat Rambut agar Sehat dan Indah

Minyak kemiri mampu menjaga kesehatan rambut dan membuatnya menjadi indah. Menggunakan secara rutin dapat membuat rambut lebih sehat tanpa ketombe, kekeringan, gatal, dan masalah rambut lainnya.

Kemiri juga mampu mempercantik rambut seperti membuat rambut lebih hitam, lurus, panjang, lembut dan lainnya. Minyak kemiri menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan rambut agar lebih indah dan mempesona.

Manfaat Kemiri sangat beraneka ragam, baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk perawatan rambut. Sebelum menggunakan bumbu dapur ini, alangkah baiknya Anda memperhatikan dengan benar dan teliti kandungan kemiri agar tidak salah dalam pemakaiannya.

Nilai Kualitas Konten