Martabak Telor Begini Cara Memasaknya

Martabak telor termasuk ke dalam kuliner malam, yang biasa ditemukan di pinggir jalanan kota atau pasar – pasar malam yang biasa disandingkan dengan martabak manis. Kedua makanan ini menjadi primadona kuliner malam, namanya memang mirip tetapi untuk rasa dan bahan-bahannya sangatlah berbeda. Jika martabak manis termasuk ke dalam roti dengan toping coklat atau keju, berbeda dengan martabak telor yang digoreng dengan isian telor dan daging.

Masakan ini mempunyai nama lain martabak asin, hal tersebut dikarenakan cita rasanya yang didominasi oleh rasa gurih dan asin. Saat ini martabak asin mempunyai berbagai variasi diantaranya martabak asin mini dan martabak asin isian ayam, daging, jamur, kornet atau tuna, semua variasi tersebut dapat anda nikmati dengan mencari di kuliner malam.

Harga jual kuliner ini pun berbeda-beda, tergantung anda menginginkan variasi isian di dalamnya, mulai dari Rp. 30.000 hingga Rp. 70.000 per porsinya. Selain variasi isian, martabak asin juga dapat dimakan dengan tambahan topping dengan keju meleleh diatasnya, sangat menggoda bukan ?.

Namun jika anda termasuk orang yang tidak tertarik hunting kuliner malam, anda dapat memasak masakan ini sendiri di rumah. Pada dasarnya cara membuat martabak asin sama saja, hanya yang membuat berbeda adalah dari isian di dalamnya, baik isian ayam, daging, kornet atau lainnya.

Martabak telor berikut ini bisa di coba sendiri :

Resep Martabak Telur Biasa

Untuk membuat martabak telor biasa, pertama yang harus dilakukan adalah membuat kulit martabak, yang kemudian disusul membuat untuk isian. Berikut ini langkah-langkahnya :

Bahan – bahan untuk kulit martabak :

  • 200 gr tepung terigu dengan protein tinggi
  • Garam secukupnya
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan – bahan untuk isi :

  • 250 gr daging sapi/ayam giling atau cincang
  • 5 batang daun bawang, iris halus
  • 4 siung bawang putih, iris halus
  • 8 siung bawang merah, iris halus
  • 1 siung bawang bombay, iris halus
  • Lada bubuk secukupnya
  • Minyak goreng
  • 4 butir telur ayam / telur bebek

Cara membuat isi dan kulit :

  1. Pertama-tama siapkan bahan untuk membuat kulit. Siapkan wadah lalu campurkan tepung dan garang (sesuai selera) hingga rata, kemudian masukkan telur kocok dan aduk hingga rata.
  2. Setelah adonan tercampur rata, masukkan air secara perlahan sambil diaduk dengan tangan hingga adonan tercampur dan kalis.
  3. Bagi adonan menjadi dua sama dan oleskan minyak dibagian luarnya, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  4. Sembari menunggu adonan kulit, siapkan penggorengan untuk membuat isian martabak.
  5. Tumis bawang putih, bawang merah, dan bawang Bombay hingga harum.
  6. Kemudian masukkan daging cincang dan tambahkan daun bawang,garam dan lada bubuk secukupnya, lalu tumis hingga daging matang.

Cara membuat martabak :

  1. Setelah kulit martabak siap dan isian telah matang, saatnya membuat memulai membuat martabak. Sebaiknya anda memilih penggorengan yang agak lebar dan datar untuk hasil yang lebih baik, namun jika tidak ada silahkan menggunakan penggorengan yang agak lebar.
  2. Ambil satu potong kulit martabak, pegang ujung tengahnya menggunakan jari jempol kemudian lebarkan secara perlahan dan usahakan tidak robek.
  3. Kocok 2 telur ayam/bebek dan tambahkan garam secukupnya, masukkan adonan isi yang telah ditumis, lalu aduk hingga benar-benar merata.
  4. Panaskan penggorengan dengan minyak secukupnya dan api kecil.
  5. Letakkan kulit martabak yang telah dilebarkan, goreng hingga setengah matang (tanpa dibalik).
  6. Masukkan adonan isi yang telah dicampur dengan telur ke tengah-tengah kulit, kemudian lipat pinggir kulit dan bentuk menjadi segi empat hingga semua adonan isi tertutupi.
  7. Goreng martabak dengan membolak-balik hingga warna berubah menjadi kecoklatan.
  8. Jika sudah berubah warna, angkat martabak dan tiriskan.
  9. Potong martabak yang sudah matang menjadi kotak-kotak kecil dan hidangkan dengan pelengkap seperti acar, cabe atau sambal.
  10. Martabak siap disantap.

Resep Martabak Telur Mini

Jika anda mempunyai kendala untuk membuat martabak asin seperti biasanya, seperti tidak tersedianya penggorengan yang lebar dan pipih, anda dapat membuat martabak telur mini. Martabak ini mempunyai cita rasa yang sama dengan martabak asin biasa, hanya saja bentuknya yang lebih kecil alias mini.

Untuk bahan-bahannya sama seperti ketika membuat martabak biasanya, namun untuk kulit menggunakan kulit lumpia. Anda juga harus membuat isian yang lebih berisi dengan menambahkan daun bawang, ayam cincang atau tahu yang diremukkan, agar isian tidak terlalu encer.

Cara membuatnya :

  1. Siapkan penggorengan dan minyak goreng secukupnya dengan api sedang.
  2. Siapkan kulit lumpia, lalu beri isian di tengah-tengahnya (tidak usah terlalu banyak).
  3. Lipat pinggiran kulit hingga menutupi isian dan olesi pinggiran dengan putih telur, yang mana putih telur tersebut berfungsi sebagai perekat.
  4. Setelah tertutup rapat, masukkan martabak mini ke dalam minyak goreng yang cukup panas.
  5. Goreng martabak dengan dibolak-balik dan berubah warna menjadi kecoklatan.
  6. Martabak mini dapat disajikan dengan pelengkap cabe atau saus sambal.

Resep Martabak Telur Teflon

Martabak Telur Teflon
Gambar : instagram.com Martabak Telur Teflon

Jika martabak telur mini menggunakan kulit lumpia, anda juga dapat membuat martabak mini dengan kulit buatan anda sendiri. Bahan-bahannya sama dengan martabak asin biasa sebelumnya, anda hanya perlu mengurangi takarannya, khusus kulit martabak diamkan lebih lama sekitar 30 menit.

Cara membuatnya :

  1. Siapkan teflon dengan api kecil, tuangkan minyak goreng secukupnya.
  2. Ambil kulit martabak yang telah didiamkan selama kurang lebih 30 menit.
  3. Lebarkan kulit martabak dengan perlahan, usahakan tidak sampai robek.
  4. Taruh kulit yang telah dilebarkan di atas teflon, usahakan lebarnya sama dengan ukuran teflon.
  5. Goreng sebentar dengan api kecil sampai setengah matang.
  6. Tuangkan isian martabak di tengah-tengah, tidak perlu banyak-banyak, agar nantinya isian tidak mentah.
  7. Lipat pinggiran kulit dengan menggunakan dua sendok sebagai alat bantu, bentuk menjadi segi empat dan menutupi keseluruhan isian martabak.
  8. Jika sudah sepenuhnya tertutupi, tambahkan minyak lagi secukupnya agar martabak lebih mudah matang dan kering.
  9. Bolak-balik martabak hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  10. Tiriskan martabak.
  11. Potong-potong martabak, lalu sajikan di atas piring dengan pelengkap seperti acar, saus sambal atau cabe.
  12. Martabak teflon siap dihidangkan.

Kunci dari martabak teflon ini adalah isian yang tidak terlalu tebal dan api yang tidak terlalu besar, dan anda harus lebih telaten ketika memasak martabak variasi ini.

Ternyata mudah bukan cara membuat martabak telor, dengan bahan-bahan yang hampir sama anda dapat mencoba memasak martabak dengan berbagai bentuk. Silahkan pilih martabak yang anda dan keluarga sukai, sekarang anda dapat dengan mudah menikmati martabak buatan sendiri tanpa harus keluar rumah. Selamat mencoba..

Nilai Kualitas Konten

2 thoughts on “Martabak Telor Begini Cara Memasaknya”

Leave a Comment