Pasta Farfalle : Simak Sejarah dan Resepnya

Farfalle
Farfalle

Resep MamiFarfalle adalah pasta Italia yang berbentuk dasi kupu-kupu. Orang Italia membuat begitu banyak jenis pasta. Beberapa telah ada selama berabad-abad, yang lain adalah penemuan modern yang dimungkinkan oleh penggunaan mesin untuk menghasilkan bentuk rumit yang tidak dapat dibuat dengan tangan. Banyak jenis pasta yang lebih tua dinamai berdasarkan makhluk hidup yang bentuknya menyerupai. Di dunia pasta Italia ada worms – vermicelli, siput – lumache, elephant eyes – occhi d’elefante dan cockerel crests – le creste di gallo, untuk beberapa nama! Tak satu pun dari ini terdengar sangat menarik, tetapi satu bentuk pasta populer yang terdengar lebih baik adalah farfalle-butterflies!

Sejarah Pasta Farfalle

Pasta Farfalle sebenarnya adalah salah satu bentuk pasta tertua. Ini berasal selama abad ke-16 di Lombardy dan Emilia-Romagna, di mana ia juga dikenal sebagai ‘strichetti‘. Saya telah membaca bahwa di Emilia, strichetti (farfalle ) hari ini ditemukan oleh ibu rumah tangga yang ingin menggunakan adonan pasta tambahan yang tersisa dari membuat pasta cappelletti yang diisi. Rupanya, setelah isinya habis, para wanita di wilayah itu menggunakan sisa adonan dengan membuat farfalle. Kebiasaan ini menjadi sangat populer sehingga mereka benar-benar akan membuat adonan ekstra sehingga akan ada banyak yang tersisa untuk membuat farfalle!
Berbagai jenis pasta farfalle.

Baca Juga : Ini Dia Jenis-Jenis Pasta Yang Wajib Kamu Tahu

farfalle rigate

Pasta ini tersedia dalam berbagai ukuran; yang kecil disebut farfalline dan yang lebih besar farfallone. Ada juga versi bergerigi yang dikenal sebagai Farfalle Rigate. Bentuk ini juga terlihat seperti dasi kupu-kupu dan, pada kenyataannya, pasta ini sering disebut pasta dasi kupu-kupu di luar Italia.

Selain versi biasa dan gandum, farfalle sering dibuat dalam warna berbeda dengan menambahkan makanan lain ke adonan pasta. Hijau diproduksi menggunakan bayam, hitam menggunakan tinta ikan sotong dan merah menggunakan bit. Pasta ini sering dijual dalam 3 paket warna; merah, putih dan hijau. Kombinasi warna ini dikenal sebagai ‘tricolore’ dan muncul di banyak hidangan Italia, seperti salad caprese. Ini adalah warna-warna bendera Italia, jadi sepertinya orang Italia punya banyak hidangan patriotik.

Pasta Farfalle dapat dibuat dengan tangan, seperti yang terjadi di masa lalu. Biasanya dibuat dari adonan pasta yang berbentuk persegi panjang atau oval yang memiliki dua ujung yang dipangkas agar ujung-ujungnya acak-acakan dan kemudian dijepit di bagian tengah. Jika Anda ingin membuat farfalle di rumah, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Baca Juga: Beda Pasta Fusilli dan Pasta Fusilli Bucati

farfalle rigate
Untuk membuat adonan farfalle yang cukup untuk 4 bahan yang Anda butuhkan.

400g tepung semolina gandum durum, 1 sejumput garam dan air 220ml atau sesuai kebutuhan, pada suhu kamar. Meskipun beberapa orang menggunakan 4 telur, bukan air. Aturannya adalah 100 g tepung orang dan 1 telur per orang.

Farfalle adalah bentuk pasta yang sangat populer, terutama di Italia Utara. Mereka biasanya disajikan dengan saus krim, dalam salad pasta, dengan makanan laut, dengan saus tomat dan, kadang-kadang, dengan saus daging yang berat. Beberapa resep khas termasuk farfalle cremasca dari Lombardy, dibuat dengan biskuit amaretti, mentega dan bijak dan farfalle dengan roket dan cumi kecil, juga dari Lombardy.

Di Emilia-Romagna, mereka sering menyajikan strichetti atau farfalle dalam kaldu ayam, dengan Bolognese atau hati yang ragu.Satu bahan lain yang sering disajikan orang Italia dengan pasta farfalle adalah salmon (asap atau segar).

Baca Juga: Jenis Pasta Apa Sih, Spaghetti itu? Simak Ulasannya

Nilai Kualitas Konten