Perbedaan Espresso Latte Mochaccino dan Cappucino

Diposting pada

Tips dan Trik– Hai buntik dan para pecinta kopi serta yang sedang kepo tentang kopi tau enggak Perbedaan Espresso, Latte, Mochaccino dan Cappucino. Jadi memang ada berbagai macam olahan kopi yang sering kita jumpai di cafe ataupun resto yang menyajikan berbagai macam minuman yang terbuat dari kopi. Sudah dari abad ke-9 kopi dikenal oleh orang Ethiopia karena pertama kali ditemukan ada di situ dan setelah bangsa Arab memperluas perdagangannya, jadi deh biji kopi tersebar sampai ke benua lainnya.

Sampai sekarang deh, penikmat kopi semakin banyak dan dapat dipadukan dengan berbagai macam bahan. Ada Espresso, Latte, Moccacina dan Capuccino yang sering menjadi kegemaran orang-orang. Selera memang berbeda ya, kopi akan terasa nikmat jika itu panas (tapi tiup dulu sebelum diminum ya…). Ada yang suka dengan rasa kopi yang pahit dan kental, ada yang suka minum kopi yang ada rasa coklatnya, ada yang suka minum kopi dengan susu.

Perbedaan Espresso Latte Mochaccino dan Cappucino

Nah, sudah penasaran kan apa sih perbedaan dari ke 4 macam minuman tersebut?

Espresso

Espresso
Espresso

Espresso ini adalah minuman dari hasil ekstrak biji kopi yang sudah digiling yang ditambah dengan air panas di bawah tekanan yang tinggi. Epresso (bahasa Italia) ini artinya adalah cepat. Karena memang dibuat untuk orang-orang yang akan berangkat kerja gitu deh. Kalau di Italia biasanya rame sekali orang-orang yang akan berangkat kerja mampir dulu ke kedai atau cafe yang menyediakan kopi serta kue.

Biasanya mereka menikmati espresso ini bersama dengan napoleon cake yang manis. Cocok kan kalau dipadukan dengan espresso yang pahit dan nikmat. Espresso ini meskipun terasa pahit, tapi saat diakhirnya bisa terasa manis. Kalau kamu memesan espresso, pasti akan menemukan crema (buih) yang banyak dari kopi tersebut, itu tandanya kopi tersebut masih fresh. Eh… iya kenapa sih bisa terasa manis gitu terakhirnya? Ya karena di dalam espresso ini terdapat gula, minyak dan protein nya. Makanya terasa nikmat kan?

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Secangkir Kopi Yang Nikmat

Latte

Latte
Latte

Nah kalau yang ini pasti tahu kan? kalau di Indonesia ini disebut kopi susu. Jadi, ini adalah espresso yang dicampur dengan susu. Nikmat juga lho, karena ada rasa pahit dan ada rasa cream nya dari susu. Kalau di Indonesia biasanya sih menggunakan susu kental manis ya, biar sekalian aja manisnya gitu. Tapi kalau saya sih, lebih suka tanpa gula, dilidah saya itu terasa pas aja, legit.

Nah untuk yang ingin membuat latte sendiri di rumah nih perbandingan antara susu dan kopi adalah 2:1. Kopinya 1/3 cangkir dan susu panasnya 2/3 cangkir. Minuman ini pertama kali ada pada akhir tahun 1950 di Italia oleh Lino Meiorin selain pemilik cafe, dia juga menjadi barista pertama di Italia.

Mochaccino

Mochaccino
Mochaccino

Ini adalah minuman berupa kopi, susu dan coklat dalam satu cangkir. Banyak juga yang menyukainya lho karena rasanya yang unik. Kopi yang digunakan biasanya adalah espresso lalu ditambah dengan coklat bubuk dan susu atau whipped cream. Minuman ini berasal dari benua Eropa.

Cappuccino

Cappuccino
Cappuccino

Minuman ini berasal dari Italia dengan campuran espresso dan susu, hampir mirip dengan latte ya.. tapi bedanya adalah menggunakan takaran 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 susu yang dikocok sampai berbusa. Kalau latte biasanya sedikit berbusa, nah kalau yang ini busanya melimpah. Pasti nikmat sekali ya, apalagi diminum hangat-hangat saat hujan sedang turun.

Nah, sekarang udah tahu kan perbedaan antara Espresso, Latte, Moccacino dan Cappuccino. Bisa bikin sendiri di rumah ya..

Baca Juga: Membuat Cappuccino Di Rumah Tanpa Mesin Kopi

Nilai Kualitas Konten