Resep Bebek Panggang Peking, Enaknya Melegenda!

Bebek Panggang Peking
Bebek Panggang Peking

Resep Asia– Pernah mencoba makan bebek panggang peking kan? Rasanya begitu lezat dengan kulit yang renyah, tak terlupakan disetiap potongnya. Tapi, untuk membuatnya ternyata tidak bisa menggunakan bebek biasa lho. Kita memang harus menggunakan bebek Peking. Bebek panggang Peking ini adalah makanan tradisionalnya orang Tiongkok yang asalnya dari Beijing ( Dinasti Yuan ) sekitar tahun 1200 an.

Seperti yang dikatakan tadi, bahwa penggunaan bebek harus khusus ya. Bebek yang dipilih adalah bebek di daerah Peking “bebek Peking” mereka berada di peternakan khusus diberi makanan khusus yang bergizi dan tujuan nya memang untuk dimasak menjadi makanan ini. Ada sebuah Restoran yang khusus menjual bebek panggang Peking ini dan sudah berdiri di Beijing sejak tahun 1522 pada masa Dinasti Ming. Lalu pada abad ke-20 makanan ini telah diresmikan menjadi makanan Nasional di China.

Tahapnya memang lama, masih harus digantung dan dikeringkan dulu semalaman, baru diberi bumbu lalu dipanggang dan digantung lagi. Tapi pengorbanan nya menjadikan makanan yang satu ini lezat banget, biasanya dimakan bersama hoisin sauce dan nasi hainan atau bisa juga dengan nasi biasa, bapao atau bisa dengan kulit sejenis lumpia tapi basah.

Baca Juga: Resep Bakso Sapi China Enak, Mudah Cuma Diblender Aja

Resep Bebek Panggang Peking, Enaknya Melegenda!

Bahan bebek panggang :

  • 1 ekor Bebek Peking ukuran besar yang sudah dibersihan dari bulu dan jerohan nya.
  • 7 sdm madu murni
  • 1 sdt garam
  • 3 cm jahe parut
  • 1/4 L air

Bahan Saus Bebek Panggang:

  • 6 sdm gula pasir
  • 6 sdm kecap manis (sesuaikan selera)
  • 1 sdt garam
  • 125 ml air
  • 2 1/2 sdm minyak wijen

Cara membuat saus:

  1. Panaskan minyak wijen.
  2. lalu masukan bahan-bahan saus lainya dan aduk sampai matang.

Cara membuat bebek panggang peking:

  1. Bebek diusahakan utuh ya dan bersih dari jerohan dan bulunya, setelah itu keringkan denga tissue kertas. Dan gantungkan agar kering sempurna, bisa sampai semalaman sih menggantungnya. Tapi kalau sudah tidak sabar, ya sekiranya sudah kering bisa digunakan, paling juga 3-6 jam gitu.
  2. Siapkan wadah yang besar dan air yang mendidih, masukan bebek ke dalam wadah berisi air mendidih dan siram-siramkan dengan air mendidih tadi. Dan keringkan dengan menggunakan handuk atau tissue kertas, lalu gantungkan agar kering sempurna, bisa sampai semalaman sih menggantungnya. Tapi kalau sudah tidak sabar, ya sekiranya sudah kering bisa digunakan, paling juga 3-6 jam gitu.
  3. Campurkan madu, garam, jahe dan air, setelah itu oles-oleskan ke seluruh permukaan dan bagian dalam bebek sampai benar-benar rata terutama pada bagian dalamnya ya. Setelah itu simpan di dalam kulkas selama 2-3 jam.
  4. Setelah itu masukan bebek ke dalam loyang dan panggang ke dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 150 derajat Celcius. Setelah 1 jam, balik bebek tersebut dan biarkan matang dan kering dengan sempurna kira-kira sampai 40 menit.  Setelah itu, bebek sudah siap untuk dipotong-potong dan dinikmati bersama saus dan nasi hangat atau mie.

*Tips : Agar daging bebek nya menjadi empuk Pilih bebek yang masih muda dan jangan terlalu tua.

Baca Juga: Resep Ayam Bakar Praktis

Nilai Kualitas Konten