Resep Kaldu Ayam Bubuk, Gampang Buatnya Lho

Resep Mami– Ada yang merasa ribet seperti saya ga sih? kalau mau masak sesuatu yang menggunakan kaldu, seperti masak sop ayam, sop daging, kuah shabu-shabu, tumisan, membuat apapun yang menggunakan kaldu deh..

Kalau saya biasanya membuat kaldu yang cair selama 1-2 jam masaknya menggunakan api kecil, tapi biasanya kelamaan dan udah keburu kelaparan nungguinnya jadi.. hahahahah.. meskipun ya bisa juga disimpan difreezer untuk digunakan kapan hari lagi.

Tapi menurut saya itu meribetkan diri, belum nanti nunggu kaldunya mencair dengan alami dengan suhu ruangan. Ngebayanginnya lagi kan males.. hihihihi… nah buntik, bikin sendiri kaldu ayam bubuk di rumah yuk.

Seperti kaldu ayam bubuk pabrikan gitu tapi bisa jadi kaldu bubuk buatan sendiri itu lebih nikmat. Dan tidak perlu ragu kandungan bahannya ketika kita memasak makanan untuk anak kecil. Karena kita tahu sendiri apa saja bahan yang kita gunakan. Pastinya kalau untuk keluarga, memberikan bahan yang baik dong. Ini dia resep kaldu ayam bubuk buatan sendiri. 

Kaldu Ayam Bubuk
Kaldu Ayam Bubuk

Resep Kaldu Ayam Bubuk

Bahan-bahan:

  1. 400 gram dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit
  2. 100 gram garam laut/garam meja juga boleh
  3. 1 sdm parsley kering atau yang masih segar
  4. 1 buah bawang bombay ukuran besar
  5. 10 siung bawang putih
  6. 1 buah wortel ukuran besar
  7. 2 batang daun bawang
  8. 3 batang seledri ( ini bersama batangnya ya buntik)
  9. 1 genggam daun ketumbar ( bersama batangnya juga)

Cara membuatnya:

  1. Cuci bersih dulu semua bahan mentah, setelah itu keringkan. Potong-potong dan masukan ke dalam foodprocesor sampai halus.
  2. Masukan semua bahan yang sudah dihaluskan tadi ke dalam panci dan masak menggunakan api kecil selama kira-kira 25-30 menit dan jangan lupa untuk sering-sering diaduk ya buntik, biar nanti ga lengket.
  3. Setelah matang dan asat, taruh diloyang yang sudah diberi kertas baking dan sebarkan bahan tersebut, tujuannya agar cepat dingin.
  4. Nah setelah itu panggang dalam oven dengan suhu 160 °C sampai kering ya buntik, jangan lupa sambil dicek dan diaduk-aduk. Berhubung ini ada dagingnya, jadi butuh waktu lama untuk memanggangnya. Sabar… sabar… buntik.. tapi setelah ini kan ga kerepotan lagi.. hihihihi.
  5. Kira-kira sih nanti kalau jadi ya lebih dari 500 gram buntik. Lumayan kan untuk jangka panjang, tinggal tabur aja kalau masak.
  6. Nah setelah sudah kering nih, haluskan menggunakan food processor (yang bersih dan kering lho ya 😀 ), setelah itu simpan deh ditoples dan tutup dengan rapat. Hindari tempat lembab dan panas ya buntik, biar tetep terjaga keringnya. Dan ini juga bisa tahan lama.
  7. Mau masak apapun, tinggal tabur-tabur deh kaldu ayam bikinan sendiri. Nah kalau ibu-ibu akan menggunakan daging sapi juga bisa, daging ayamnya tinggal diganti aja dengan daging sapi tapi yang daging aja ya buntik. Jangan tercampur dengan lemak dan tulang.
  8. Untuk ukuran 1 sdt bisa untuk 1 cup air.
  9. Selamat mencoba

Baca Juga : Resep Ayam Betutu Khas Bali Yang Pedasnya Istimewa

Nilai Kualitas Konten

5 thoughts on “Resep Kaldu Ayam Bubuk, Gampang Buatnya Lho”

Leave a Comment