Resep Mudah Membuat Kulit Lumpia dan Kulit Risoles

Resep mami – Kulit lumpia memang agak susah untuk membuatnya, tapi kalau suhu wajan dan adonannya pas, akan mudah sekali membuatnya. Kalau untuk kulit risoles membutuhkan adonan yang lebih encer dari adonan kulit lumpia, dan membuatnya juga lebih gampang, seperti kalau kita membuat telur dadar. Bagi yang penasaran sekali bagaimana cara membuat kulit lumpia dan risoles ini, Anda bisa simak resep-resepnya di bawah ini.

Kulit Lumpia

Kulit Lumpia
Kulit Lumpia

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 450 ml air

Cara membuatnya:

  1. Larutkan garam dengan air
  2. Lalu campur bersama tepung sambil diaduk-aduk dengan keras dan sedikit dibanting-banting adonannya di dalam mangkuk besar sampai kental dan elastis.
  3. Setelah itu siapkan wajan teflon atau wajan kusus menggoreng kulit lumpia.
  4. Suhu pada wajan jangan terlalu panas ya karena nanti adonan tidak bisa menempel. Jadi anget gitu, kalau masih belum anget juga susah nanti ga bisa diangkat.
  5. Setelah dioser-oserkan ke wajan lalu tunggu sebentar kalau ada yang berlubang atau sobek tutupi kembali bagian yang sobek dengan sedikit adonan,
  6. Setelah itu tunggu sampai pinggirannya sudah lepas dari wajan.

Semoga berhasil ya.. untuk membuat lumpia khas Semarang.

Kulit Risoles

Kulit Risoles
Kulit Risoles

Nah bedanya apa dengan kulit lumpia? kalau kulit lumpia itu tipis dan agak garing, tidak seperti kulit risoles yang lembab dan sedikit lebih tebal dan lebih lembut. Cara dan adonannya pun berbeda, kalau kulit risoles ini adonannya lebih encer dari kulit lumpia yang sangat kental dan elastis.

Bahan-bahan:

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sdt garam
  • 1 butir telur ayam
  • 250 ml susu cair suhu ruangan
  • 1 sdm margarin yang dilelehkan

Cara membuatnya:

  1. Masukan tepung terigu dan garam ke dalam mangkuk besar lalu aduk rata.
  2. Lalu masuakn telur ayam, susu cair dan margarin, aduk terus sampai tercampur rata. Kalau ingin disaring juga boleh, agar hasil kulitnya lembut.
  3. Selanjutnya goreng adonan, siapkan waja teflon dan panaskan menggunakan api kecil sedang.
  4. Lalu masukan adonan dengan ukuran 1 sendok sayur dulu sambil wajan teflonnya digoyang-goyang agar adonan merata keseluruh wajan, jika adonan kurang bisa menutupi wajan, tambahkan adonan lagi tapi jangan terlalu banyak, agar kulit risol tidak terlalu tebal.

*Nah supaya dadarnya menjadi tipis adonan harus encer tapi tidak seencer kalau akan membuat peyek ya. Kalau pinggiran dadarnya sudah ada yang kering, segera angkat dari wajan teflon, jangan sampai gosong ya agar rasa risolesnya enak. Untuk membuat risoles anda bisa buka resep ini.

Nilai Kualitas Konten